Simpang Lima Gumul Kediri

Ditulis oleh Shintya Iftitah Dzikrullah
Hai Explorer!

Udah sampai mana aja nih explore Indonesia nya? Ayik nggak muter-muternya? Pastinya asyik dong. Masih bersama blog Shintyaif nih kita akan membahas tempat-tempat wisata ter-recomended yang wajib banget buat kalian kunjungi.

Kali ini kita akan menjelejahi tempat-tempat wisata yang ada di Kota Kediri. First tourism place yang bakalan kita jelajahi melalui narasi singkat ini adalah Monumen Simpang Lima Gumul atau biasa di sebut dengan SLG.
Monumen ini merupakan ikon kota Kediri yang bangunannya menyerupai Arch de Triomphe yang berada di Prancis. Wah keren sekali bukan? Hanya dengan mengunjungi kota Kediri kita bisa menikmati nuansa negara tetangga hehe. Walaupun begitu, SLG tetap memiliki ciri khas tersendiri sebagai hasil kebudayaan bangsa Indonesia.

Monumen Simpang Lima yang menyerupai Arch de Triomphe


Monumen ini berada di tengah-tengah persimpangan lima jalan antara Kediri, Pare, Pagu, Wates atau Pesantren dan Gurah. Monumen ini terletak di Desa Tugu Rejo, Kecamatan Ngasem, Kota Kediri. Para traveler yang ingin berkunjung di SLG ini tidak perlu khawatir akan kehabisan budget hehe, karena untuk masuk ke SLG ini para pengunjung tidak dikenakan tiket masuk alias gratis, namun para wisatawan hanya membayar biaya parkir sesuai dengan kendaraan yang dikendarai.

Motor : Rp.2000
Mobil : Rp.5000

Sebelum kalian dapat menikmati keindahan monumen megah ini, kalian harus terlebih dahulu melewati sebuah terowongan bawah tanah yang menghubungkan tempat parkir dan monumen. Di dalam terowongan ini terdapat berbagai foto dokumenter wisata dan budaya kota Kediri. Wah nggak kebayang serunya kan, selain gratis kita juga bisa menikmati fasilitas edukasi yang dapat menambah pengetahuan kita mengenai kota Kediri ini.

Potret di dalam lorong SLG


Setelah melewati lorong yang lumayan memukau, kita akan sampai di depan bangunan megah nan aesthetic. Ya! Monumen Simpang Lima yang menjulang tinggi penuh kewibawaan menjadi kejutan mata bagi para pengunjung.
Yang menyebabkan monumen ini memiliki ciri khas tersendiri adalah di sisi monumen terdapat relief-relief yang menggambarkan tentang sejarah kota Kediri, kesenian dan juga kebudayaan. Terdapat pula sebuah arca patung Ganesha di salah satu sudut monumen.

Relief yang menggambarkan kesenian Kota Kediri


Bagi kalian yang suka hunting pas banget nih. Banyak para wisatawan yang mengabadikan momen liburannya di ikon kota Kediri ini. Nuansa Prancis ala Indonesia membuat para pemburu foto tidak segan untuk menambahkan SLG sebagai destinasi tujuan.



Sekece apa sih monumen Prancis ala Indonesia ini? Yuk kunjungi serial Vlog pada link berikut ini :
https://youtu.be/i8RH_vy6rwA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ngetrip Jogja Eaa!

Tanjung Kodok Resort

Kampung Inggris Pare