Museum Sepuluh November

Ditulis oleh Shintya Iftitah Dzikrullah
Hai Blogger!

Lagi cari topik untuk bahan tulisan? Bisa banget nih kalian berkunjung ke Museum Sepuluh November. Museum berjuta pengetahuan ini tentu recomended sekali untuk dikunjungi. Museum yang beralamat di Jl. Pahlawan, Kec.Krembangan, Kota Surabaya ini memiliki nilai sejarah yang tinggi lho, cocok buat kalian yang hendak traveling namun tetap ingin mendapat paket edukasi yang nggak kalah asyiknya.

Museum 10 November menjadi pelengkap dari Monumen Tugu Pahlawan yang ada di Surabaya. Museum ini tampak berdiri kokoh dan elegan dengan bentuknya dari luar yang tampak seperti piramida. Atapnya yang berbentuk limas menyerupai piramida dan bangunannya berada di bawah tanah menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung di tempat bersejarah yang penuh dengan keunikan ini.

Museum 10 November menjadi galeri perjuangan bagi arek-arek Suroboyo dan juga masyarakat kota Surabaya ketika berjuang melawan penjajah. Museum 10 November terdiri dari dua lantai.
Di lantai pertama kita akan di sambut dengan kewibawaan sosok pahlawan yang rela berkorban demi memperjuangkan kemerdekaan yang tersampaikan oleh beberapa arsitektur patung di tengah museum.

Sumber foto : https://www.liputan6.com/lifestyle/read/2290975/potret-perjuangan-arek-arek-suroboyo-di-museum-10-november


Selain itu kita akan menjupai patung Bung Tomo dan beberapa patung rakyat Surabaya yang sedang berorasi di ruang diorama Bung Tomo. Kita juga bisa mendengarkan langsung suara rekaman Bung Tomo saat mengobarkan semangat arek-arek Suroboyo lho. Keren kan!


Sumber foto: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/2290975/potret-perjuangan-arek-arek-suroboyo-di-museum-10-november


Di lantai dua, kita akan menjumpai beragam koleksi senjata, koleksi peninggalan Bung Tomo, foto-foto dokumenter lama tentang Surabaya, serta kalian akan menjumpai dua ruangan yang berisi diorama-diorama perjuangan.

Sebenarnya terdapat banyak sekali koleksi benda-benda bersejarah yang ada di museum tersebut. Jikalau ingin mengetahui lebih detail bisa langsung berkunjung ke Museum 10 November tersebut hanya dengan membayar karcis masuk seharga Rp.5000 saja.

Eits! Jangan takut kita tidak bisa menangkap momen memorable di museum ini, ada beberapa spot foto yang instagramable benget lho! Tidak hanya ketika berada di dalam museum, kalian juga bisa take foto di area atap museum berbentuk piramida yang di kelilingi kolam air yang di tumbuhi oleh tanaman teratai, di depan monumen Tugu Pahlawan, di depan patung Ir.Soekarno dan Moh.Hatta yang berada di depan monumen Tugu Pahlawan, serta masih banyak spot foto menarik lainnya.

View foto : Lantai dua Museum 10 November


Nah inilah, salah satu tempat wisata edukasi yang nggak kalah eksis dan kerennya! Selain dapat menambah pengetahuan kita tetap bisa kok mengabadikan momen traveling kita dengan foto-foto elegan dan aesthetic di tempat wisata ini.

See You on the Next Trip!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ngetrip Jogja Eaa!

Tanjung Kodok Resort

Kampung Inggris Pare